47th Single

AKB48 - Shoot Sign

47th Single

AKB48 - Shoot Sign

47th Single

AKB48 - Shoot Sign

47th Single

AKB48 - Shoot Sign

47th Single

AKB48 - Shoot Sign

Sistem Kebut Seminggu SBMPTN 2015

Okee.. kali ini gue akan share tentang bencana alam yang menimpa calon mahasiswa yaitu SBMPTN. wah mungkin terlalu lebay ya menyebutnya bencana alam. Bagaimana tidak, saat lo ingin masuk ptn ada sebuah lubang besar sangat besar yang harus lo masuki. yaitu test masuk. Memang sih, bagi yang sudah lolos jalur SNMPTN mungkin sekarang sudah bisa tenang menunggu daftar ulang. Tapi bagi yang akan mengejar jalur test, wahh sebuah masalah yang luar biasa jika benar benar tidak siap. :(

Oke, sebelumnya gue ceritain dulu kisah gue. Gue adalah salah satu siswa dari Sekolah Kejuruan atau biasa disebut SMK. Awal gue masuk SMK gue nggak punya arah buat kuliah. Tapi entah ada angin hujan atau apa, menjelang kelas 3 gue ngebet banget pengen kuliah. Jadi gue mutusin buat ngejar jalur snmptn waktu itu. Gue dengan pd nya nggak peduli sama jalur SBMPtN. Meskipun banyak yang bilang jalur snmptn itu juga rejeki rejeki an, tapi tetep aja gue optimis.
Ada salah satu PTN yang pengen banget gue masukin, gue pun berusaha keras nyari info sana sini lah bla bla bla. Gue juga berusaha pertahanin peringkat kelas dan naikin nilai. Dan untunglah saat kelas 3 prestasi gue lumayan stabil lah. Rangking gue juga makin naik sejak kelas 2. Masih pertahanin rangking 2 besar, gue makin optimis aja. Dan gue makin ngelupain sbmptn.
Tidak lama kemudian, UN semakin dekat, dan info info jalur seleksi mulai bertebaran. Gue pun berusaha nyari nyari lomba biar dapet sertifikat. Gue udah punya satu sertifikat pemenang. Tinggal ngumpulin lagi. Dan kebetulan waktu itu ada lomba yang bergengsi dijajaran sekolah smk. yaitu Lomba Kompetensi siswa (LKS) SMK. gue berusaha keras ikut seleksi di sekolah. dan akhirnya gue terpilih juga jadi salah satu perwakilan sekolah buat lomba LKS di bojonegoro bidang lomba software application. Tapi sayang, gue nggak dapet juara. Tapi untunglah dapet sertifikat peserta.
Dan tidak lama kemudian adalagi lomba yang diadakan kampus yang pengen banget gue masukin tadi, alhasil gue ikut juga. Tapi nggak menang juga :(
Yaahhh pasrah aja deh. Nah waktu berlalu cepat, gue pun nyari nyari lagi tentang snmptn. Dan, gue ngebaca artikel tentang susahnya lolos jalur snmptn. Disitu banyak sekali yang bilang, bahkan anak yang nilai nya bagus juga bisa nggak lolos. Wah gue makin pesimis. Trus gue nyari info siapa aja alumni sekolah gue yang lolos snmptn di kampus ptn pilihan gue. Dan hasilnya NIHIL :( gue makin pesimis. Secara juga, gue baru myadar gue siswa SmK. SMK malah lebih susah lolos jalur snmptn. Akhirnya, saking pengennya bisa kuliah, gue ngelepasin kampus pilihan gue. Dan gue beranjak ke kampus lain. Kampus yang cuma gue minatin aja. Nggak gue ngebetin. Jadi istilahnya cumq alternatif gitu :(
SNMPTN pun dibuka. Gue milih ptn yang sama sekali bukan pilihan sebenarnya. Gue pilih dua ptn, salag satu nya pilihan orang tua. Pilihan pertama adalah kampus yang jujur gue pilih karena menurut gue agak gampang dari kampus pilihan yang gue relakan tadi. Kebetulam juga ada jurusan baru nya. Dipikiran gue, kalo jurusan baru peminatnya dikit.. Namun, penyesalan datang belakangan. Gue sempat menyesal udah milih ptn itu. karena memang gue agak nggak minat. tapi udah terlanjur finalisasi. Gue pun berdoa biar nggak masuk di ptn itu :(
Dann.. 9 Mei pun datang. Gue lihat pengumuman snmptn. Dan gue nggak lolos :( ah sedih banget. :( tapi...... dilubuk hati gue yang paling dalem gue lega. Gue nggak akan terpenjara oleh ptn yang bukan pilihan hati. Kebetulan juga dikelas gue banyak yg gak lolos. Jadi makin lega :') Akhirnya move on.
Kegelisahan datang kembali belakangan. Gue harus ngejar SBMPTN dalam waktu sebulan! Gue baru belajar malah 3 minggu sebelum hari H sbmptn. wah gelisah banget.
Gue akhirnya beli buku sbmptn. Awal buka bukunya semangat banget :( Tapi.... materinya kok gini. Gue nggak ngerti apa yang gue nggak ngerti. Sedikit demi sedikit. Buku tertutup. Rasanya hari hari itu seperti gue bingung mau ngapain. Main laptop terus, tapi kepikiran sbmptn. Mau belajar, tapi bener bener KOSONG pikiran gragara teori teori gila itu. Alhasil, maksain diri belajar buku apa yang gue nggak ngerti dan gue nggak ngerti apa yang gue nggak ngerti. Ah pusing. Trus waktu berlalu. Wisuda pun datang. setelah wisuda capek banget. Akhirnya gue mutusin buat gak belajar. 5 hari gue kemakan garagara MALES. selama 5 hari itu gue main laptop nggak guna. kadang mondar mandir mikirin sbmptn. tapi tetep aja nggak ada solusi.

Akhirnya, tibalah pada hari ini. Seminggu lebih menjelang Hari H. Kalo lo jadi gue, apa yang lo lakuin ? Lo nggak paham apa apa. Tapi lo masih berharap lolos SBMPTN.
Nah, jadii gue sekarang bikin proyek Sistem kebut Seminggu. Mau ikut? Eits tapi inget gue ngggak jamin ini bisa berhasil. Jadi jangan salahi gue yaa :D Gue aja baru nyoba kali ini buat sbmptn :3 Tapi ujian sekolah sebelumnya pernah sih lakuin sistem ini. Dan lumayan juga daripada nggak sama sekali.

Jadi gini simulasi nya

1. Saat lo liat postingan ini. Tenangin diri lo dan niatin dalam hati "Gue yakin gue bisa. Gue akan fokus seminggu ini. Gue nggak akan males. Ya Allah bantulah aku. Semoga bisa menghadapi SbMPtn. Gue yakin gue yakin gue yakin. Gue bisa melakukannya".

2. Kedua, JANGAN BERKHAYAL. Jangan bayangin saat saat lo lolos sbmptn nanti. Jangan.! Gue pernah lakuin itu. Alhasil itu malah bikin gue gantungin diri sama keberuntungan aja.

3. FOKUS ! Yang lo harus lakuin adalah biar lo bisa melakukan. Bukan bisa menghadapi aja. Tapi bisa melakukannya. Harus bisa!

4. Buat JADWAL. ini yang penting. Tapi, bukannya ini bikin lo makin males. Tapi gue ada strategi biar lo nggak males saat punya jadwal. Jadi, jadwal seminggu ini udah ada dibayangan lo. Tapi jangan ditulis.
Jadi hari ini, tugas lo adalah nulis jadwal buat besok AJA. So, ketika lo besok liat apa aja yang harus lo lakuin, lo nggak akan terhasut sama jadwal besoknya lagi karena belom lo tulis. Nah, pas udah selesai melaksanakan jadwal dihari itu, baru lah lo bikin jadwal buat besoknya. Dan terus lakukan hal itu. INGET  ! Jadwal ini juga buat ngingetin lo. INI SEMINGGU lagi !!!

4. Pemilihan MATERI. Ini nih yang paling susah. Kalo lo kayak gue, nggak ngerti apa yang lo nggak ngerti. susah. !! Oke gini.
Siapin waktu kurang lebih 10 Jam sehari buat belajar. Satu hari buat satu mata pelajaran atau satu tipe Kemampuan dasar dulu atau Saintek. Pastikan lo pilih TEORI dari sumber manapun entah web atau ebook atau buku, dll. Siapin materi teori. Lo baca itu materi, kalo masih kosong aja pikiran lo, PAKSA! Coba cari yang lo nggak ngerti. Urai sediit demi sedikit. Lakukan hal itu 5 jam pertama. Dan 5 Jam setelahnya. Barulah kerjakan soal. Kalo nggak ngerti jangan langsung liat jawaban.  Selesaikan semuanya. Dan pahami jawaban dan pembahasannya. Trus cocokin sama materi yang lo pelajari. Dan, yang terakhir kerjakan soal lagi. Nah, trus bandingkan apa konsep materinya sama. Soalnya kebanyakan, siswa yang belajar materi sbmptn, nggak paham konsep. Padahal konsepnya sama, cuma kelihatannya aja soalnya beda.

5. Terakhir, hafalin Kunci Jawaban dan KONSEP pembahasan. Dan LAKUKAN SIMULASI. Ini juga penting agar lo bisa tau skor lo. Dan jangan lupa tidur nyenyak sehari sebelum Sbmptn hari H. :)

Oke sekian. Gue juga akan praktekin cara itu. Kita seperjuangan. Kita sama sama berjuang buat hadapin lubang besar ini. Semangat ya :) Doain gue dan gue juga doain lo :) Gue yakin, meskipun nanti gue nggak bisa materinya, pasti ada keberuntungan datang. Begitu juga Lo !! :) Semangat !!

0 komentar:

Post a Comment